Jumat, 08 Juli 2016

Pantai Malaha

Pantai Malaha Destinasi Wisata Yang “Terbuang”

Pantai Malaha atau tanjung Malaha. Mungkin sebagian besar masyarakat Kolaka mengenal daerah ini. Puluhan tahun lalu, daerah yang berjarak sekitar 35 kilometer arah utara kota Kolaka ini menjadi destinasi wisata utama masyarakat Kolaka. Namun kini, semua itu tinggal kenangan.


Betapa tidak, daerah yang dulunya dikenal sebagai pusat wisata di Kabupaten Kolaka, berubah menjadi tempat yang seakan menyeramkan untuk dikunjungi. Banyak pihak yang menyesalkan hal tersebut. Terlebih lagi kurangnya perhatian pihak terkait kepada keberadaan pantai Malaha yang pernah tersohor akan keindahannya.

Sebenernya jika kita bandingkan dengan wisata pantai yang ada di Nusantara, maka pantai Malaha tidak kalah saing dari segi keindahan. Jika Lombok punya pantai Gilitrawangan, atau Bali punya pantai Kuta, maka Kolaka seharusnya berbangga hati punya Pantai Malaha. Sekali lagi, potensi yang sudah pernah tersohor tersebut meredup seiring kurangnya perhatian yang dicurahkan ketempat itu.



Saat masa jayanya, jika musim libur sekolah tiba ratusan bahkan ribuan pengunjung berjibaku memadati pesisir pantai Malaha. Otomatis hal ini dapat mendongkrak penghasilan warga setempat. Sebab perahu-perahu warga digunakan sebagai alat transportasi penyeberangan oleh para wisatawan. Jadi pasca “terbuangnya” destinasi itu secara otomatis mematikan penghasilan sebagian besar warga setempat. Kini, sampai kapan objek wisata itu “dibuang” ?.


Sebagai gambaran, tempat wisata itu memiliki panjang pantai sekitar 15 kilo meter dengan keindahan pasir putihnya. Deburan ombak dipantai itu juga sangat cocok dengan beberapa olahraga pantai. Laut yang berbatasan langsung dengan teluk Bone itu juga memiliki alam bawah laut yang memukau.
Untuk menambah keindahan bisa dilihat dan dirasakan semilir angin sepoi-sepoi dari rindangnya pohon pinus dan pohon kelapa sepanjang bibir pantai. Bahkan masih banyak lagi keindahan alam yang disuguhkan untuk memanjakan mata para pengunjung.



Untuk menjangkau pantai Malaha cukup menempuh perjalanan darat sekitar 30 menit dari pusat Kota Kolaka. Setibanya di Desa Malaha, pengunjung harus menumpang perahu warga guna menjangkau bibir pantai dengan jarak tempuh 10 sampai 15 meter.


Percayalah, setibanya dibibir pantai perjalanan anda akan terbayar denga keindahan alam dan lautnya. Kini tinggal kita tunggu apakah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan akan terus “membuang” potensi wisata ini, semoga saja tidak.

Indra Jeri Sunbanu

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjumg ke blok saya, silakan berkomentar dengan sopan.

Diberdayakan oleh Blogger.

Latest News

Total Pageviews

Blogroll

Text Widget

Follow us on facebook

Need an Invite?

Want to attend the wedding event? Be our guest, give us a message.

Nama Email * Pesan *

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Followers

Blogger templates

About

Follow me on Facebook :P

Blogger templates

Pages - Menu

Popular Posts